KATALOG BUKU
Untitled Document
Pengantar Manajemen
 
click to enlarge
Judul Buku : Pengantar Manajemen
Kategori : Manajemen
Sub Kategori :
Nama Penulis : Mauli Siagian, S.Kom., M.Si.
M. Khoiri, S.Pd., M.Pd.
Hikmah, S.E., M.Si.
Nama Penerbit : UPB Press
Jumlah Halaman : 425
Ukuran : B5 (17.5 x 25 cm)
Harga : Rp 100,000,-
No ISBN : 978-602-52829-3-5
Download File E-Book : Download
Sinopsis Singkat :
Keberadaan manajemen sangat diperlukan berbagai aspek kehidupan dalam berkarya pada tingkat individual maupun organisasional. Keberhasilan pencapaian tujuan tidak terlepas dari adanya penerapan manajemen sebagai ilmu dan seni. Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap kinerja organisasi dengan menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan. Organisasi terdiri dari sekumpulan individu yang saling bekerjasama secara terstruktur dalam mencapai tujuannya harus melakukan manajemen sumber daya organisasi secara efektif dan efisien.

Organisasi atau perusahaan saat ini dihadapkan pada tantangan globalisasi, persaingan, perkembangan teknologi dan informasi, serta sistem sosial. Peran manajer dalam melakukan pengelolaan organisasi sangat dibutuhkan mencakup peran antar individual, informasional dan pengambilan keputusan. Manajer harus memiliki kompetensi atau keterampilan yang mendukung dalam menghadapi tantangan manajemen. Manajer harus memastikan proses manajemen dapat mencapai keunggulan bersaing secara berkelanjutan.

Proses manajemen diawali dengan perencanaan yang menekankan pada penentuan visi, misi dan tujuan organisasi. Pengorganisasian perlu dilakukan agar tujuan dapat mudah tercapai dengan menerapkan stuktur, aturan formal dan pembagian tugas. Selanjutnya, dalam melakukan implementasi tujuan organisasi memerlukan pengarahan aktivitas organisasi melalui motivasi, pengelolaan konflik, kepemimpinan dan komunikasi. Dalam rangka memastikan kesesuaian tujuan dengan pencapaian organisasi maka harus dilakukan pengawasan dan pengendalian. Proses manajemen tersebut diterapkan pada setiap fungsional manajemen, mencakup fungsi sumber daya manusia, pemasaran, keuangan, dan operasi. 

Buku ini berjudul “Pengantar Manajemen” menyajikan dasar pemahaman secara teoritis dan praktis dalam pengelolaan berbagai bentuk organisasi. Pembahasannya mencakup konsep dasar manajemen, arti sarana dan fungsi manajemen, perencanaan, organisasi, pemotivasian, konflik, pengendalian, pengambilan keputusan, komunikasi dan kepemimpinan, pengawasan dan pengendalian, serta sumber daya manusia. Penulisan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, serta mengaitkan teori dengan praktik dalam proses manajemen organisasi atau perusahaan. Dengan demikian, buku ini bisa memberikan manfaat tambahan ilmu bagi para akademisi dan praktisi, serta sangat direkomedasikan bagi pelajar sebagai buku pedoman materi pengantar manajemen pada tingkat perguruan tinggi.

[ post date: 31-05-2023 ]