BERITA
Pedoman Penulisan Buku Referensi Bagi Dosen
Sumber : penerbitdeepublish.com / Kategori : Artikel / Post date : 24-08-2023

Membaca pedoman penulisan buku referensi bagi dosen tentu menjadi kebutuhan, agar para dosen bisa terus produktif menulis buku jenis ini. Dalam dunia akademik, kebutuhan buku ilmiah sangat tinggi dan beberapa merupakan hasil tulisan dosen. Jenis buku di dunia akademik yang banyak digunakan adalah buku ajar, buku referensi, modul, modul buku ajar, diklat, dan lain sebagainya. Masing-masing digunakan untuk mendukung proses pembelajaran dan beberapa membantu dosen melaksanakan Tri Dharma.

Pengertian Buku Referensi 

Sebelum mengetahui bagaimana pedoman penulisan buku referensi bagi dosen, maka bisa memahami dulu apa itu buku referensi. Istilah referensi biasanya mengarah pada sumber yang dijadikan rujukan. 

Tidak sepenuhnya salah memang, karena rujukan disebut juga dengan istilah referensi dan salah satu jenisnya adalah berbentuk buku. Namun buku referensi yang akan dibahas disini berbeda dan disusun atau ditulis oleh seorang dosen. 

Buku referensi yang ditulis oleh dosen adalah suatu tulisan dalam bentuk buku yang menyajikan hasil dari serangkaian kegiatan penelitian yang original, mendalam, dan menyeluruh pada satu cabang ilmu.

Buku referensi kemudian menjelaskan mengenai suatu pembahasan yang diambil dari hasil penelitian panjang. Penulis dari buku referensi ini biasanya adalah seorang dosen yang menjelaskan isi dari hasil penelitiannya sendiri maupun penelitian dosen lain di cabang ilmu yang sama. 

Kegunaan atau penggunaan dari buku referensi yang disusun oleh dosen adalah untuk menjadi pegangan dosen dalam mengajar dan melakukan penelitian. Jadi, buku referensi kemudian mendukung dua kegiatan Tri Dharma dosen. Yakni mengajar dan meneliti. 

Berbeda dengan buku referensi yang menjadi rujukan, dimana bisa diakses dan digunakan siapa saja. Buku referensi dari dosen disusun oleh dosen dan digunakan oleh kalangan dosen. Mahasiswa pun tidak menggunakan buku referensi ini untuk kegiatan belajar mereka.